Antisipasi Covid-19, Ini Langkah Kemenag RI Siapkan Manasik Haji

Home / Berita / Antisipasi Covid-19, Ini Langkah Kemenag RI Siapkan Manasik Haji
Antisipasi Covid-19, Ini Langkah Kemenag RI Siapkan Manasik Haji Menteri Agama RI (Menag RI) Jenderal (Purn) Fachrul Razi (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)

TIMESPONOROGO, JAKARTA – Mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, Kementerian Agama RI (Kemenag RI) sementara menunda pelaksanaan bimbingan manasik haji secara konvensional yang melibatkan kerumunan massa. 

Kemenag tengah memfinalkan beberapa skenario pelaksanaan manasik, antara lain distribusi buku manasik ke jemaah agar bisa dijadikan bahan bacaan untuk jemaah calon haji.

Selain itu, juga memanfaatkan media televisi dan radio untuk proses pembelajaran, menggunakan sarana pembelajaran daring, atau edukasi dan sosialisasi melalui media sosial

"Skema ini sedang difinalkan. Semoga bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini. Skema pembekalan petugas haji yang melibatkan kerumunan juga ditiadakan, diganti dengan pembekalan daring," tegas Menag RI, Fachrul Razi.

Di dalam negeri, pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) juga masih berproses. Kemenag RI mencatat sudah 83.337 jemaah yang melakukan pelunasan. Untuk tahap awal, pelunasan ini akan berlangsung hingga 30 April 2020.  (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com