BPD Desa Gajah Ponorogo Ikuti Pelatihan Secara Mandiri

Home / Berita / Ikuti Pelatihan, BPD Desa Gajah Ponorogo Diingatkan sebagai Mitra Bukan Oposisi
Ikuti Pelatihan, BPD Desa Gajah Ponorogo Diingatkan sebagai Mitra Bukan Oposisi Suasana pelatihan peningkatan kapasitas BPD Desa Gajah, Sambit, Ponorogo. (Foto: BPD Gajah for TIMES Indonesia)

TIMESPONOROGO, PONOROGO – Dalam rangka peningkatan kapasitas, anggota BPD Desa Gajah, Kecamatan Sambit, Ponorogo mengikuti acara pelatihan secara mandiri, Minggu (12/7/2020). Ada beberapa materi yang dibahas. Di antaranya tentang tupoksi, peran BPD, fungsi penjaringan aspirasi, fungsi pengawasan, fungsi legislasi dan budgeting.

Agus Wijaya Kepala Desa Gajah mengatakan, kunci keberhasilan kemajuan desa adalah sinergitas antar lembaga dan Pemerintah Desa. Terlebih BPD sebagai mitra pemerintah desa memiliki posisi strategis untuk membangun desa.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD ini selain mengoptimalkan kapasitas kelembagaan peran dan fungsi BPD, juga dapat meningkatkan silaturahmi,” ungkapnya kepada TIMES Indonesia.

Menurut Ketua BPD Gajah, Mujijana kegiatan pelatihan penting diadakan untuk merefresh kembali pemahaman dalam menjalankan tugas dan fungsi BPD. "Mengingat tantangan semakin berat, regulasi juga sangat cepat berubah, mau tidak mau kita harus mengikuti,” tuturnya.

Aris Subiantoro, Ketua FK BPD Ponorogo mengapresisasi kegiatan pelatihan tersebut. Menurutnya, diPonorogo baru pertama kali BPD mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas secara mandiri.

"BPD harus bersinergi dengan Pemdes karena BPD itu mitra, bukan oposisi. Harapan saya kegiatan ini ditiru oleh desa lain," ungkapnya usai pelatihan peningkatan kapasitas BPD Desa Gajah, Ponorogo. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com