Bisa Terjadi di Usia Muda, Apa Penyebab Serangan Jantung?

Home / Gaya Hidup / Bisa Terjadi di Usia Muda, Apa Penyebab Serangan Jantung?
Bisa Terjadi di Usia Muda, Apa Penyebab Serangan Jantung? Ilustrasi - Serangan Jantung (FOTO: Istockphoto/Zinkevych)

TIMESPONOROGO, JAKARTA – Penyakit jantung tidak hanya dialami oleh lansia. Di usia muda, seseorang bisa terkena serangan jantung. Seperti yang dialami aktor Ashraf Sinclair, suami penyanyi dan artis Bunga Citra Lestari. Lalu, apa saja penyebab serangan jantung di usia muda?

1. Hipertensi

Tekanan darah tinggi yang dibiarkan begitu saja lama-kelamaan akan merusak pembuluh darah. Seiring waktu hipertensi akan menyebabkan pengerasan dan penebalan arteri dinding pembuluh darah (aterosklerosis) yang bisa meningkatkan risiko penyskit jantung koroner.

2. Kadar kolesterol tinggi

Menurut ahli di American Heart Association, kolesterol LDL dianggap sebagai kolesterol "jahat", karena berkontribusi terhadap penumpukan lemak di arteri (atherosclerosis). Kondisi ini bisa mempersempit arteri sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

3. Riwayat keluarga

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka anggota keluarga yang lain juga beresiko terkena penyakit jantung.

4. Autoimun

Autoimun dapat menimbulkan peradangan pada pembuluh darah termasuk pembuluh darah yang adafi jantung. Peradangan di sekitar pembuluh darah ini berdampak pada terganggunya fungsi otot jantung dalam aktivitas memompa darah.

5. Gaya hidup sedentary

Sedentary lifestyle atau gaya hidup yang tidak aktif secara fisik, juga menjadi biang keladi penyakit jantung di usia muda. Riset dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, yang berujdul “Sedentary Behaviors Increase Risk of Cardiovascular Disease Mortality in Men”

Hasil studi tersebut mengatakan, laki-laki yang mengendari mobil lebih dari 10 jam/minggu, atau aktivitas serupa (terlalu banyak duduk, atau tidak aktif secara fisik) lebih dari 23 jam/minggu, memiliki risiko 82 persen dan 64 persen lebih besar meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

6. Obesitas

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas hingga meningkatkan risiko penyakit jantung di usia muda. Menurut ahli di American Heart Association, setidaknya 68 persen orang yang berusia di atas 65 tahun yang mengidap diabetes juga mengidap penyakit jantung.

7. Rokok

Penyebab penyakit jantung di usia muda juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Menurut banyak penelitian, rokok bisa merusak lapisan arteri, menebalkan arteri, dan meningkatkan penumpukan lemak serta plak. Kondisi inilah yang nantinya bisa menghambat aliran darah di sepanjang arteri

8. Minum alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga mesti diwaspadai. Kebiasaan keliru ini bisa merusal liver, meningkatkan risiko hipertensi, serangan jantung, dan gagal jantung.

9. Stres

Stres bisa mempermudah seseorang untuk menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Dengan gaya hidup tidak sehat seseorang akan lebih mudah terserang masalah kardiovaskular secara tidak langsung. Bahkan, risiko seseorang mengalami serangan jantung bisa dua kali lipat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com