Jangan Olahraga saat Dalam Kondisi Ini

Home / Gaya Hidup / Jangan Olahraga saat Dalam Kondisi Ini
Jangan Olahraga saat Dalam Kondisi Ini ILUSTRASI - Olahraga. (FOTO: Alodokter)

TIMESPONOROGO, JAKARTAOlahraga memang baik untuk kesehatan. Namun sayangnya, hal tersebut tidak selalu baik dilakukan semua orang. Bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu, olahraga justru bisa memperburuk kondisinya.

Kondisi apa saja yang membuat Anda tidak boleh olahraga dulu? Dilansir dari Hello Sehat, jika Anda dalam kondisi di bawah ini sebaiknya jangan olahraga dulu.

Demam

Jangan berolahraga jika Anda merasa tak enak badan, bahkan jika hanya demam sekalipun. Demam terjadi ketika sistem kekebalan tubuh sedang bekerja keras melawan infeksi. Sementara itu, olahraga juga dapat memberikan tekanan yang lebih banyak pada sistem imun. Ini sebabnya, berolahraga ketika demam justru akan memperburuk penyakit Anda.

Berolahraga ketika demam juga sering jadi penyebab utama cedera, karena dalam kondisi ini Anda jadi lebih sulit berkonsentrasi.

Pilek dan Flu

Selain demam, Anda juga tidak disarankan untuk berolahraga ketika sedang pilek dan flu. Pasalnya, olahraga justru akan membuat tubuh Anda jadi semakin lemah sehingga sulit untuk pulih. Terlebih jika flu yang Anda alami juga disertai demam, kondisi Anda jelas akan makin buruk jika ditambah dengan berolahraga.

Asma

Jika serangan asma disebabkan oleh infeksi pernapasan, sebaiknya Anda tidak olahraga dulu selama beberapa hari dan periksa ke dokter jika gejala terus berlangsung. Jika dokter melihat asma Anda sudah mulai dapat dikendalikan dengan baik, maka barulah Anda boleh olahraga.

Cedera Lama yang Kambuh

Apabila cedera lama Anda tiba-tiba kambuh lagi, Anda harus segera menunda olahraga dan temui dokter. Pasalnya, gangguan ini biasanya bukan pertanda baik, terutama jika rasa sakit terus dialami selama Anda beraktivitas. Dalam banyak kasus, nyeri yang muncul tiba-tiba memerlukan perhatian medis dengan segera, terlebih bila sumber nyeri berada di tempat yang memang sebelumnya pernah mengalami cedera.

Kurang Tidur dan Kelelahan  

Tubuh yang sudah stres dan kelelahan akan makin nge-drop ketika diajak berolahraga. Istirahatlah sejenak sebelum mulai rutinitas gym Anda kembali. Jika perlu, temui dokter dulu. Pasalnya, kelelahan yang ekstrem bisa jadi pertanda adanya sebuah penyakit.

Keadaan Lainnya

Jika Anda baru saja menjalani operasi atau cedera berat sebaiknya tunda dulu untuk berolahraga. Dalam keadaan tersebut, tubuh Anda butuh waktu untuk pulih. Sedangkan melakukan olahraga justru akan memberikan tekanan pada tubuh yang pada akhirnya bisa memperburuk kondisi Anda.

Tidak hanya itu, beberapa orang yang memiliki penyakit kronis juga tidak disarankan untuk berolahraga. Namun jika ingin tetap melakukan olahraga, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter agar mendapatkan pilihan jenis olahraga yang tepat sesuai dengan keadaan Anda. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com